Kapolres Lahat Tegaskan Humas Polsek, Tidak Kaku Berikan Informasi Kepada Pewarta

DIALOGRAKYAT, LAHAT–Kapolres Lahat terus bersenergi dengan Jurnalis Merpati yang biasa meliput kegiatan dilingkungan Polres Lahat, hal ini patut diapresiasi dan diajungi jempol.

Kapolres Lahat, AKBP. Ferry Harahap. SIK. MSi mengaku sengaja mengumpulkan seluruh Kasi Humas Polsek untuk bertatap muka dengan pewarta ini agar bisa kenal lebih dekat dan tidak kaku ketika memberikan informasi baik secara langsung ketemu di lokasi kejadian atau melalui komunikasi handphone.

“Humas di polsek diharapkan untuk komunikasi dengan pihak media jangan ada batasan. Karena rekan media juga sumber informasi awal. Media sangat penting untuk kita. Tanpa media kita tidak bisa memberikan informasi bermanfaat kepada masyarakat,” harap mantan Kapolres OKUS ini.

Namun, lanjutnya, ada hal-hal yang memang tidak bisa diberikan informasi kepada jurnalis. Semisal tekhnis penangkapan dan kasus yang masih proses pengembangan. Karena, akan menimbulkan masalah baru kalau informasi itu diberitakan dan dibaca oleh para pelaku kejahatan.

Ditegaskannya, Kasi Humas dan jajaran jangan anti wartawan dan kalau ada yang memang harus ditunda dalam pemberian informasi karena masih dalam penyelidikan. Sampaikan pengertian kepada rekan-rekan media tentang batasannya yang diyakininya rekan media mengerti hal tersebut.

“Sisi lain, sebentar lagi kita akan menghadapi pesta demokrasi Pileg dan Pilpres. Mari kita terus bersenergi untuk menjaga stabilitas kemanan demi kelancaran kegiatan baik melalui berita yang bersifat tidak hoax dan tidak provokatif. Kami juga akan memberikan informasi setiap tahapan kegitan pemilu itu,” urai Bapak dua putri ini.

Sementara itu Syafudin. SH, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat, selain informasi dan penyebaran berita, hubungan silaturahmi antara PWI dengan Polres Lahat terus terjalin dengan baik.

“Hari ini kami membangun untuk mempererat tali silahtuhrahmi dengan jajaran Humas Polsek di wilayah hukum Polres Lahat,”ujar Syafudin. SH, kepada media online ini, Selasa (26/3/2019).

Dikatakannya, tatap muka Kapolres Lahat dengan Awak Media Cetak dan Elektronik maupun media online di kabupaten Lahat, akan bersenergi dalam hal penyebar luasan informasi pemberitaan kegiatan Polres Lahat.

“Insya Allah, adanya kegiatan yang digelar Humas Polres Lahat ini, semua informasi dapat tersampaikan dengan cepat, pemberitaan dari Polsek kepada masyarakat melalui sumber yang akurat dari setiap Humas Polsek,” imbuhnya di Aula Utama Polres.

Senada, Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Kabupaten Lahat, Ishak Nasroni. SP yang juga Pimpinan Redaksi lahathotline.com menungkapkan bahwa untuk merealisasikan jalinan ini, setelah kegiatan wajib buat Group Whatsapp antara Humas Polres, Kasi Humas Polsek dan Jajaran pers. (dafri)

Komentar