oleh

UIN SGD Bandung dan Disdik Sumedang Gelar Pelatihan Hot-Lab Bagi Guru Fisika

BANDUNG, Dialograkyat–Program Studi Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN SGD Bandung bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumedang menggelar Pelatihan Pembuatan Petunjuk Praktikum Model Hot-Lab (Higher Order Thingking Laboratory) di SMPN 6, Jl. Panunjang, Padasuka, Kec. Sumedang Utara, Sabtu (20/07/2019).

Dr. Adam Malilk, Ketua Tim Pengabdi mengatakan acara pelatihan yang diikuti oleh 39 Guru SMPN Mata Pelajaran Fisika di lingkungan Kabupaten Sumedang ini sebagai wujud dharma perguruan tinggi, “Melalui Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) menerjunkan tim pengabdian yang ada di Prodi Fisika untuk mengadakan pelatihan pembuatan petunjuk praktikum model Hot-Lab dari tanggal 20-27 Juli 2019,” tegasnya yang didampingi Dr. Hasniah Aliah,M.Si dan Seni Susanti, S.Si.,MM.

Dengan target capaian agar peserta pelatihan mampu menerapkan model pemberlajaran fisika berbasis praktikum yang merupakan kombinasi dari model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Problem Solving Laboratory (PSL), “sehingga sangat cocok diterapkan untuk melatih kemampuan pemecahan masalah peserta didik,” paparnya.

Dr. H. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag.,M.Si, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) menekankan pentingnya kolaborasi dan menjalin kemitraan perguruan tinggi dengan pemerintah daerah guna menciptakan iklim kerjasama membangun kecerdasan masyarakat. 

Kegiatan pelathan ini dimaksudkan dalam rangka meningkatkan kemahiran peserta pelatihan,”Mudah-mudahan guru fisika dapat mengembangkan model pembelajaran,” ujarnya. 

Kasi Kurikulum Dinas Pendidkan Kab. Sumedang, Edi Suwardi menyambut baik kehadiran UIN SGD Bandung yang telah berkiprah di dalam membangun SDM Sumedang ini. 

Edi Suwardi berharap, tahun depan kerjasama ini semakit erat ditingkatkan, “karena pembangunan SDM menjadi tanggungjawab pemerintah daerah dan juga perguruan tinggi,” pungkasnya. (hms/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed