oleh

Peringati Hari Anak Nasional, PLN UP3 Tasikmalaya Ajarkan Electrical Safety for Kids

TAKSIMALAYA, Dialograkyat–Listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan karena energi listriklah yang menyalakan segala peralatan elektronik. Namun, tahukah kita, bahwa listrik dapat membahayakan bahkan menyebabkan kebakaran.
Untuk meningkatkan pengetahuan umum anak-anak tentang ketenagalistrikan, terutama tentang manfaat dan bahaya listrik, dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional 2019, PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat menyelenggarakan “Electrical Safety for Kids”. Kegiatan ini dilaksanakan di 18 Sekolah Dasar yang tersebar di seluruh Jawa Barat pada tanggal 23 Juli 2019.

Pada acara yang diikuti oleh total sekitar 1000 siswa-siswi, Pejabat Pengendali K3L dan Pejabat Pelaksana K3L UP3 (sejumlah 18 pegawai) se Jawa Barat berbagi pengetahuan ketenagalistrikan dengan anak-anak mulai dari asal mula datangnya listrik, bagaimana listrik sampai di rumahnya masing-masing, dan keselamatan ketenagalistrikan. Antusiasme anak-anak nampak sepanjang acara.
Hal tersebut terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan setelah Pejabat Pelaksana K3L mengajar dan ditayangkannya film animasi tentang listrik. Rasa ingin tahu mereka semakin besar saat Pejabat Pelaksana K3L mensimulasikan gangguan listrik akibat rangka layang-layang, antena TV, dan ranting pohon dengan alat peraga. Anak-anak sangat semangat untuk mencoba simulasi tersebut secara langsung.

Di Tasikmalaya, Electrical Safety for Kids dalam rangka Hari Anak Nasional 2019 dilaksanakan di SD Negeri Cicariu, dengan pengajar seluruh Pejabat Pelaksana K3L di wilayah kerja Tasikmalaya.

Pejabat Pelaksana K3L, Rakhmat Dwi Prasetyo, menyampaikan bahwa pengetahuan umum tentang ketenagalistrikan sangat penting dipahami oleh anak-anak sejak usia dini, salah satunya agar anak-anak mengetahui betapa pentingnya kita sebagai masyarakat turut menjaga kontinuitas listrik dengan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan listrik padam. “Listrik itu sangat dekat dengan kehidupan umat manusia, sehingga pengetahuannya harus ditanamkan di bangku sekolah sejak dini,” jelasnya.

Kepala Sekolah SD Negeri Cicariu, Yahya, menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan PLN, khusus nya PLN UP3 Tasikmalaya, karena telah menjadikan sekolahnya menjadi sasaran edukasi ketenagalistrikan. “Semoga kegiatan edukasi seperti ini sangat bermanfaat, karena dapat menambah pengetahuan kepada anak-anak didiknya”, pungkasnya .(Dodi)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed