oleh

Dedi Sopandi: Pengadaan Gadget atau Gawai Untuk Pengurus RW Memiliki Tiga Fungsi

BANDUNG, Dialograkyat–Terkait pernyataan Ketua Komisi I, Syahrir yang meminta inspektorat memantau program unggulan gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Syahrir menghimbau jangan sampai program unggulan tidak memberikan manfaat atau penggunaannya tidak efektif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, Dedi Sopandi mengatakan program pengadaan gadget atau gawai kepada pengurus RW tersebut memiliki tiga fungsi. Fungsi pertama sebagai layanan publik, fungsi kedua sebagai informasi dan fungsi yang ketiga sebagai pengaduan atau lapor.

“Yang sebagai layanan publik, di dalamnya nanti akan berisi konten tentang perizinan. Ada juga konten tentang E-Samsat, ada juga tentang berita info lelang dan sebagainya,” jelasnya, Rabu (24/7/2019).

Adapun yang mengisi konten pada aplikasi Sapa Warga adalah berada di ranah Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat. Sementara pihaknya hanya memfasilitasi pengadaan smartphone melalui program bantuan keuangan desa.

“Tahun ini ada program bantuan keuangan ke desa yang ada untuk infrastruktur, ada untuk pembinaan aparatur desa dan ada untuk sapa warga,” imbuhnya.

Dedi mengaku, besaran bantuan dana desa tahun ini berada di angka Rp 127 juta per desa. Baik itu untuk pengembangan infrastruktur, pembinaan aparatur dan juga mengoptimalkan program Sapa Warga. Sedikitnya ada 5.312 Desa di Jabar yang bakal difasilitasi.

“Nah kalau pencairan itu yang bertahap dihitung dari kemarin. Pokonya sampai saat ini sudah ada merata sekitar di 1.397 gadget yang akan dibeli oleh desa desa-yang sudah mendapatkan bantuan keuangannya,” pungkasnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed