Kemendikbud Gelar Rakor dengan Disdik Provinsi Se-Indonesia

BANDUNG, Dialograkyat–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan rapat koordinasi (rakor) membahas pelaksanaan Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2019 di THE 101 Jakarta Sedayu Darmawangsa, Jln. Darmawangsa IX No. 14, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (17/7/2019). Rakor tersebut dihadiri seluruh perwakilan Dinas Pendidikan (Disdik) provinsi se-Indonesia.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tikomdik) Disdik Jawa Barat (Jabar), Hendra Kusuma Sumantri mengatakan, beberapa pembahasan dalam rakor tersebut, di antaranya menyamakan gagasan mengenai teknis pelaksanaan acara. “Kemudian menyelaraskan rangkaian kegiatan di tiap provinsi sebelum acara puncak digelar,” ucap Hendra.

Hendra memaparkan, beberapa kegiatan tersebut antara lain mengadakan kuis harian berbentuk online, menentukan Duta Rumah Belajar untuk program membaTIK (membuat bahan ajar berbasis teknologi infromasi dan komunikasi), melaksanakan lomba coding bagi guru dan siswa serta melaksanakan seminar pengembangan TIK di bidang pendidikan.

Jawa Barat, lanjutnya, merupakan satu dari tiga provinsi yang memiliki jumlah peserta terbanyak, yakni 3.733 peserta. Jumlah tersebut terdiri dari 2.587 siswa SD/sederajat, 451 siswa SMP/sederajat, 502 siswa SMA, dan 193 siswa SMK. “Jabar pun akan menjadi salah satu provinsi yang pelaksanaan Kuis Kihajarnya disiarkan langsung oleh Kemendikbud melalui TV Edukasi,” jelasnnya.

Dalam waktu dekat, tambah Hendra, pihaknya akan segera menyosialiasasikan pelaksanaan Kuis Kihajar dengan Disdik kabupaten/kota guna membahas format perlombaan yang mengalami beberapa perubahan.

Kuis Kihajar merupakan ajang kompetisi bagi peserta didik SD, SMP, SMA, dan SMK/sederajat di seluruh tanah air dan sekolah di luar negeri sebagai wahana untuk menyosialisasikan pendayagunaan TIK melalui pemanfaatan TV Edukasi.

Pelaksanaan Kuis Kihajar Harian dimulai sejak Maret hingga September. Sedangkan Kuis Kihajar Tingkat Kantor Cabang Dinas (KCD) dimulai Juli sampai Agustus 2019. Kemudian, dilanjutkan Kuis Kihajar Tingkat Provinsi yang digelar September 2019. Terakhir acara puncak, Kuis Kihajar Tingkat Nasional diadakan November 2019. (hms/red)

Komentar