oleh

JAMBORE PETANI MUDA 3 PT PETROKIMIA GRESIK  

Mendukung Pertumbuhan AgrosociopreneurBidang Pertanian di Indonesia, PT Petrokimia Gresik Roadshow ke-12 Universitas

Dalam rangka mendukung Regenerasi Petani serta perkembangan ‘Agrosociopreneur’ di Indonesia, PT Petrokimia Gresik sebagai Solusi Agro Industri dan salah satu anggota holding dari PT Pupuk Indonesia Holding Company melakukan roadshow Sahabat Petani Fest dan CEO Talk bekerja sama dengan Fakultas Pertanian di 12 Universitas Ternama di Indonesia, yaitu UGM, IPB, UNSOED, UB, UNPAD,  USU, UNILA, UNS, UNEJ, UDAYA, UNHAS, dan UNIV. LAMBUNG MANGKURAT. Adapun tujuannya untuk mengajak generasi muda Indonesia bergabung dalam Gerakan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa.

Program Gerakan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa dilaksanakan berdasarkan kekhawatiran PT Petrokimia Gresik mengenai rendahnya minat dan partisipasi generasi muda di bidang pertanian, yang mana data dari BPS tahun 2018 mengenai survei antar sensus menyatakan bahwa lebih dari 65% Petani berumur di atas 45 tahun dan data sensus pertanian tahun 2013 menyatakan bahwa dalam 10 tahun jumlah Rumah Tangga Petani turun 20% atau hilang sebesar 15,6 juta. Sementara itu, berdasarkan data dari BPS tahun 2013, setiap tahun pertumbuhan penduduk Indonesia akan terus meningkat dan pertumbuhan penduduk tersebut berbanding lurus dengan kebutuhan pangan nasional, yang artinya peran serta generasi muda di sektor pertanian sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional. PT Petrokimia Gresik sebagai Solusi Agro Industri memberikan kesempatan bagi anak muda yang memiliki minat dan konsentrasi dalam memajukan sektor Pertanian di Indonesia dalam kegiatan Jambore Petani Muda 3.

Pendaftaran kompetisi Jambore Petani Muda 3 dibuka terhitung sejak tanggal 10 September s.d 6 November 2019 dengan melakukan roadshow “Petrokimia Gresik Goes to Campuss”selama bulan September 2019 untuk melakukan sosialisasi kegiatan melalui Sahabat Petani Festdan CEO Talk yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa per masing-masing Universitas Tanpa Dipungut BIaya. Adapun rincian jadwal “Petrokimia Gresik Goes to Campuss” sebagai berikut :

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

:

10 September 2019

2. Universitas Jember (UNEJ)

:

17 September 2019

3. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

:

17 September 2019

4. Universitas Sebelas Maret (UNS)

:

18 September 2019

5. Universitas Padjajaran (UNPAD)

:

19 September 2019

6. Universitas Brawijaya (UB)

:

19 September 2019

7. Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM)

:

22 September 2019

8. Universitas Gadjah Mada (UGM)

:

25 September 2019

9. Universitas Udayana (UNUD)

:

27 September 2019

10. Universitas Jendral Soedirman (UNSOED)

:

27 September 2019

11. Universitas Negeri Lampung (UNILA)

:

28 September 2019

12. Institut Pertanian Bogor (IPB)

:

28 September 2019

 

Peserta terdiri dari  satu tim yang beranggotakan 2-3 orang, memiliki passiondi bidang Agrosociopreneur dan mahasiswa aktif D3, D4, S1 dimana ketua tim wajib berasal dari Fakultas Pertanian/Perikanan/Peternakan/ Kedokteran Hewan/Teknologi Pertanian.

Nantinya, 12 tim terbaik dari setiap Universitas akan diundang ke PT Petrokimia Gresik dan diberikan kesempatan untuk memaparkan idenya secara langsung di depan dewan juri, dimana 3 ide bisnis terbaik akan diberikan program mentoring secara khusus oleh para CEO  yang sudah memiliki keahlian di industri pertanian yaitu CEO Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi, CEO Tanijoy Muhammad Nanda Putra dan CEO Agradaya Andhika Mahardhika.

Kegiatan Jambore Petani Muda 3 Petrokimia Gresik #PetaniMudaBisa diharapkan dapat mewadahi dan menciptakan anak muda menjadi suatu titik awal untuk memacu semangat dan pengembangan ‘Agrosociopreneur’ generasi muda di bidang pertanian, dengan PT Petrokimia Gresik sebagai wadah dalam menjembatani start updan generasi muda sehingga bisa saling menyampaikan idenya. Hingga akhirnya para generasi muda tersebut tidak hanya memperoleh mentoring dari para CEO handal, namun juga dapat memperoleh investasi dan networkingdengan para investor sehingga dapat mengimplementasikan bisnisnya untuk mengembangkan sektor pertanian Indonesia.

 So….

KAMI TUNGGU KARYA NYATAMU…..

 Ide bisnis terbaik dapat didaftarkan melalui melalui website www.sahabatpetani.commulai 10 September – 14 Oktober 2019.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed