oleh

Habeeb Kolaborasi dengan Juara Nasional Beatbox dan Guru Vokal di Lagu Terbaru ‘Entin’

PADANG | Dialog Rakyat | Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin ke Madinah karena Mekah tengah dipenuhi ancaman dan teror dari orang-orang kafir, akhirnya jadi awal bagi kejayaan Islam (750 M – 1258 M).

Sejarah perjuangan Rasulullah SAW dalam menegakkan syariat Islam ini menjadi motivasi bagi para generasimuda Islam pada saat sekarang ini, untuk hijrah dalam konteks kafah dalam upaya menjalankan syariat Islam. Melihat semangat dan antusias kalangan milenial untuk hijrah, jadi inspirasi bagi Habeeb untuk menulis lagu berjudul Entin yang dirilis di Streaming Hub IslamicTunes.

Saat kami wawancarai, Minggu (10/11/2019), Habeeb mengatakan, “Lagu Entin saya tulis terinspirasi dari melihat banyaknya kawan-kawan yang berhijrah. Terutama para akhwat. Hijrah itu hak setiap insane. Hijrah menurut saya adalah berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan itu tak mengenal waktu. Semakin cepat semakin baik. Kita tak bisa bermain main dengan waktu. Ini nasehat buat saya pribadi juga.”

“Awal menggarap lagu Entin saya terpikir, harus ada inovasi dan kreativitas dalam bernasyid. Saya ingat bagaimana Rabbani mengemas pergi tak kembali dangan kemasan out of the box. Maka muncul ide mengajak Dara, guru Sekolah Dasar yang juga seorang guru vokal, untuk berkolaborasi. Juga Riki Ardanta, jawara beatbox nasional yang juga seorang rapper dari Rumah Suara Palembang,” kata Habeeb, musisi nasyid asal Palembang, Sumatera Selatan.

Habeeb juga mengatakan, “Lagu Entin ini baru dirilis 25 Oktober 2019 lalu. Konsep musiknya semi jazz, berpadu dengan Rapp, biar ada nuansa baru dalam sajiannya. Melalui lagu ini saya ingin menyampaikan pesan, bahwa hidayah itu bisa datang kepada siapa saja, kapan saja, dimana saja, dan tak mengenal usia. Namun ketika hidayah itu datang, jangan disia-siakan, karena usia kita tak ada yang tahu kapan berakhirnya. Beristiqamahlah, semoga kelak husnul khatimah.”

“Lagu Entin yang saya tulis ini musiknya diaransemen oleh mas Diki Fathkurohman Fatih. Setiap merilis karya baru, saya ingin selalu berinovasi dalam kreativitas untuk penyampaian kebaikan. Lagu ini memuat amaran untuk kita, dengan penggambaran Entin sebagai sosok yang dapatkan hidayah, dan ingin istiqamah dalam beribadah. Semoga lagu ini menjadi penyemangat,” kata Habeeb.

Selain itu, Habeeb juga mengatakan, “Alhamdulillah, hijrah sudah jadi trend bagi generasi milenial saat ini. Semoga generasi berikutnya akan lebih baik lagi. Semoga mereka istiqamah dengan hijrahnya dan memberi inspirasi buat yang lainnya. Proses yang mereka jalani mari kita dukung. Saya juga bagian dari mereka yang masih banyak belajar untuk menjadi lebih baik lagi dalam berbagai hal, terutama urusan beragama. Semoga kita bisa mengamalkan apa yang kita sampaikan, dalam semangat menebar kebaikan.”

Sejak menekuni dunia nasyid dari tahun 2015 hingga sekarang, Habeeb telah merilis 3 album nasyid; MINE (2015), LEBAH (2017), dan album ke tiga terbit tahun 2019. Lagu Entin merupakan salah satu lagu andalan pada album ke tiga tersebut.

“Saya sangat senang menekuni nasyid karena yang disampaikan adalah ajakan untuk berbuat kebajikan dan kebaikan, yang terdapat dalam lirik syairnya. Melalui nasyid semoga dakwah lebih mudah diterima. Banyak hidayah yang didapat dari wasilah nasyid. Banyak pula petuah yang didapat dan diterima melalui nasyid. Nasyid mudah diterima karena lebih mudah untuk dipahami dan lebih mampu menyentuh hati,” kata Habeeb.

Lagu Entin dari Habeeb ada pada link berikut ini;
https://www.streaminghub.islamictunes.net/track/1487/habeeb-feat-dara-amp-rikky-ardanta-entin

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed