oleh

Yuk Mengenal Lebih Luas Jurusan Jurnalistik

Dialog Rakyat | Apa yang pertama kali terlintas dipikiranmu ketika mendengar istilah jurnalistik? Di era modern yang serba up to date ini ilmu – ilmu dalam jurnalistik sangat diperlukan dalam menulis berita. Di Indonesia sudah banyak kampus – kampus yang menyediakan jurusan atau program studi jurnalistik. Salah satu kampus yang menyediakan program jurnalistik yaitu fakultas Teknik Grafika Penerbitan kampus Politeknik Negeri Jakarta. Dalam jurnalistik kita diajarkan untuk mencari, menulis, dan menyunting berita serta bagaimana mendistribusikan berita tersebut dengan baik kepada khalayak melalui media massa dan media elektronik.

Sebagai mahasiswa jurnalistik, banyak ilmu dalam menulis berita yang harus didalami seperti menulis berita untuk media cetak yang jenisnya beragam, dari hard news sampai soft news, berita TV, berita radio, berita online, liputan mendalam hingga fotografi dan editing berita dan artikel.

Sesuai dengan sistem pembelajaran di Politeknik Negeri Jakarta yang menerapkan sistem pembelajaran 45% teori dan 55% praktik lapangan, dalam jurusan Jurnalistik mahasiswa tidak hanya diminta untuk menguasai teori melainkan dituntut untuk belajar bekerja di lapangan. Tujuan diterapkannya sistem pembelajaran tersebut adalah agar Politeknik Negeri Jakarta menghasilkan lulusan yang profesional dan memenuhi kualifikasi industri.

Kegiatan mahasiswa jurnalistik di lapangan diantaranya meliput berita, wawancara narasumber, serta mengumpulkan data – data yang valid tentang suatu berita yang akan dipublikasikan.

Dalam bidang dunia kerja, jurnalistik memiliki prospek kerja yang cukup luas. Untuk industri media, lulusan jurnalistik bisa bekerja sebagai peyiar berita, pembawa acara, operator kamera, editor, wartawan serta fotografer.

Nah setelah mengetahui seputar dunia Jurnalistik apakah kalian tertarik untuk menggelutinya?
( Natasya Cristy Maretta)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed