oleh

Pameran Fotografi: Media Apresiasi dan Relaksasi

Oleh Tri Ayu Lutfiani

Berkunjung ke sebuah pameran fotografi bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengisi waktu luang. Tidak hanya dapat memberikan pengalaman dan wawasan, berkunjung ke pameran fotografi pun dapat menyegarkan pikiran.

Pameran fotografi merupakan suatu kegiatan yang memperlihatkan karya dari seseorang atau beberapa orang fotografer dengan sebuah tema dan dalam kurun waktu tertentu.

Pengunjung pameran fotografi bisa berasal dari berbagai kalangan,  mulai dari sekolah dasar, perguruan tinggi, hingga masyarakat umum.  Salah satu perguruan tinggi yang sering berkunjung ke sebuah pameran fotografi ialah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)

PNJ memiliki tujuh jurusan,  salah satunya ialah Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP). Menjadi satu-satunya jurusan yang mengembangkan kreativitas,  TGP memiliki empat program studi. Nah, salah satunya ialah Prodi Jurnalistik yang sering melakukan kunjungan ke pameran fotografi  yang berada di sekitar Jabodetabek. Beberapa tempat yang sering dikunjungi ialah Bentara Budaya,  Antara, dan Galeri Nasional.

Saat berkunjung ke sebuah pameran fotografi,  pengunjung akan mendapatkan manfaat berikut ini.  

Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi

Saat berkunjung ke sebuah pameran fotografi, tentu banyak karya dari berbagai fotografer yang disajikan.  Dari banyaknya karya tersebut,  pengunjung dapat menilai dan memberikan penghargaan kepada fotografernya.  Hal ini dapat mengasah kemampuan pengunjung untuk dapat mengapresiasi karya seseorang.

Menambah Pengalaman dan Pengetahuan

Dari pameran fotografi,  pengunjung bisa belajar mengenai teknik-teknik fotografi yang digunakan oleh fotografer dalam karyanya.  Selain itu, dari foto-foto yang ditampilkan, pengunjung bisa pula mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui. Sebagai contoh,  pameran foto bertema pesona Indonesia. Dari pameran tersebut pengunjung jadi tahu kondisi alam Indonesia di luar daerah tempat tinggalnya.

Media Relaksasi

Menghilangkan rasa jenuh tidak hanya bisa dilakukan dengan pergi berwisata atau berbelanja.  Berkunjung ke sebuah pameran fotografi pun bisa menjadi salah satu hal yang bisa dijadikan sebagai sarana relaksasi. Pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk dapat mengistirahatkan pikirannya. Bahkan ada beberapa pameran yang gratis.

Belajar Menulis Resensi

Setelah berkunjung ke sebuah pameran,  mahasiswa Prodi Jurnalistik terbiasa untuk menuliskan hasil yang didapatkan dari sebuah pameran dalam bentuk resensi.  Dengan menulis resensi, secara tidak langsung mahasiswa dapat belajar untuk mengungkapkan pendapatnya terhadap suatu hal.

Motivasi Agar Lebih Kreatif

Setelah melihat karya-karya yang ditampilkan, pengunjung dapat meniru teknik-teknik fotografi yang digunakan atau bahkan mengembangkannya. Dengan begitu pengunjung bisa terinspirasi dan berlatih untuk lebih kreatif.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed