oleh

Dukung Program SMK Juara, Disdik Jabar Inisiasi Pengembangan Pendidikan Vokasi Kemaritiman

BANDUNG | Dialog Rakyat | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar akan menggelar rapat koordinasi (rakor) pengembangan pendidikan vokasi bidang kemaritiman. Hal ini guna menindaklanjuti Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 68 Tahun 2019 tentang Revitalisasi SMK di Jawa Barat yang mengisyaratkan bahwa pemerintah daerah provinsi wajib mengembangkan kurikulum untuk menyelaraskan antara industri dengan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jabar, Dedi Supandi memaparkan, dalam mendukung tagline Gubernur “Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi” serta merealisasikan program prioritas dalam sektor pendidikan “SMK Juara” yang dikuatkan dengan hasil kunjungan Gubernur ke Inggris pada 2019, Disdik Jabar secara proaktif melakukan inisiasi pengembangan pendidikan vokasi bidang kemaritiman melalui rangkaian kegiatan.

Antara lain, rapat koodinasi antara City Of Glasgow College (CGC) Director of Cooperation, Biro PMKS Setda Jabar, Pimpinan Bidang GTK, SMK, UPTD Tikomdik serta kepala sekolah, pengawas pembina, dan guru di SMK Mundu Kab. Cirebon dan SMK Negeri 2 Kabupaten Indramayu. “Kegiatan ini dilanjutkan launching dan penandatanganan letter of intent (LoI) antara Gubernur Jawa Barat dengan City of Glasgow College Director, kerja sama bidang kemaritiman selama 5 tahun,” jelas Kadisdik, Senin (16/11/2020).

Kedua aktivitas ini, tambah Kadisdik, dikoordinasikan dengan Biro PMKS dan Kedutaan Besar Inggris di Jakarta dalam rangka merealisasikan program-program yang menjadi prioritas Pemprov Jabar mulai tahun 2021-2025. Dari segi kepentingan lembaga pendidikan, menurutnya, program City of Glasgow College dapat digunakan sebagai salah satu bahan rujukan untuk membangun kurikulum yang lebih adaptif terhadap dunia kerja dan industri bidang kemaritiman.

Program City of Glasgow College dikhususkan bagi SMK Negeri 1 Mundu Cirebon dan SMK-SMK kemaritiman yang ada di Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan bagi para guru, kepala sekolah, pengawas sekolah pembina untuk pendidikan vokasi bidang kemaritiman serta peserta didik SMK bidang kemaritiman di lingkungan Jawa Barat.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik bidang kemaritiman sesuai Standar International Maritime Organisation (IMO). Diharapkan, kerja sama bidang kemaritiman antara City of Glasgow College dengan Pemprov Jabar/Disdik Jabar ini mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan vokasi bidang kemaritiman yang berorientasi pada keterserapan lulusan menjadi tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai standar IMO yang menjadi rujukan bidang kemaritiman secara internasional.

“Kerja sama dengan City of Glasgow College ini akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Pakuan pada 18 November 2020,” ujarnya. Siap Laksanakan Program, Kepala Bidang (Kabid) Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Asep Suhanggan pun mendukung dan siap melaksanakan program tersebut.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kesejahteraan Bidang GTK, Budi Hermawan mengatakan, pengembangan serta peningkatan kualitas pendidikan dan mutu lulusan yang relevan dengan kebutuhan job market di sekolah menengah kejuruan, kata kuncinya adalah ketersediaan guru yang berkualitas. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed