DPRD Jabar Harap Pemprov Beri Ruang Kerja Untuk Lulusan ABK

CIANJUR | Dialog Rakyat | Sekretaris Komisi 1 DPRD Jabar, Sadar Muslihat, meminta Pemprov Jabar perhatikan akses pendidikan bagi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), terlebih lulusan SLB.

“Terlebih bagi lulusan di sekolah luar biasa’ (SLB) saat akan menuju jenjang pekerjaan,” ujarnya saat silaturahmi ke SLB Purnama Cipanas. Kamis, 5 Agustus 2021.

Politisi PKS dari Dapil IV (Kabupaten Cianjur) ini, juga berharap, Pemprov Jabar tidak terkecuali Pemkot atau Pemkab, membuat regulasi soal memberi ruang kepada siswa/i lulusan disabilitas untuk mendapat peluang bekerja di dunia kerja layaknya orang normal

“Sejumlah program penanganan sosial terhadap anak berkebutuhan khusus itu, justru dinilai lebih banyak digerakan oleh masyarakat ketimbang pemerintah,” katanya.

Bahkan, karena banyak digalakkan swasta atau yayasan, mereka cenderung masih memiliki keterbatasan anggaran dalam mengembangkan dan meningkatkan keterampilan para siswa SLB tersebut.

“Pada saat saya melakukan kunjungan ke SLB Purnama Cipanas ini, justru mereka itu menyampaikan keluhannya terkait dengan masih terbatasnya ruangan-ruangan khusus keterampilan bagi para siswa SLB. Makanya saya nanti akan dorong dan sampaikan ke pemerintah, supaya ada perhatian,” ucap Sadar.

Tak hanya itu, ia juga menyerap aspirasi terkait dengan kesejahteraan tenaga pengajar di SLB ini. Sehingga memang harus didorong pula agar para guru di SLB ini dapat terus memberikan pengajarannya ke siswa ABK ini.

“Para guru di sini bukan hanya mengajar secara teori biasa, tetapi juga melatih keterampilan siswa untuk tetap bersekolah dengan maksimal. Makanya harus kita dorong itu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Purnama Cipanas, Mayor (Purn) Kudori mengatakan, pihaknya sangat berharap bahwa pemerintah provinsi dan daerah bisa lebih memperhatikan sekolah luar biasa ini secara maksimal.

“Kami di sini butuh perhatian dari pemerintah, baik pusat, provinsi, khususnya daerah. Karena di sini bukan hanya mengajar seperti guru pada umumnya, namun memberikan keterampilan khusus bagi mereka anak-anak istimewa ini,” kata Kudori.

Bahkan menurutnya, masih banyak kekurangan-kekurangan di sekolah luar biasa ini kaitan dengan fasilitas sekolah untuk para siswanya. Seperti kurangnya ruangan belajar, ruang keterampilan, dan masih dibutuhkannya tenaga pengajar yang memiliki skill khusus untuk mengajar siswa SLB.

“Kami harapkan sekolah luar biasa ini terus berjalan dan maju sehingga bisa menghasilkan para peserta didik atau siswa lulusan SLB disini nantinya tidak tergantung orang tua bahkan orang lain, alias bisa mandiri,” pungkasnya. (red)

Komentar