Menparekraf Ajak Konten Kreator Pekanbaru Berinovasi Bangkitkan Sektor Ekonomi Kreatif

PEKANBARU | Dialog Rakyat | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif(Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak konten kreator agar berinovasi untuk membuat konten yang membangkitkan sektor ekonomi kreatif. 

“Saya ingin mengajak semua membuat konten berkaitan dengan ekonomi kreatif, karena ekonomi kreatif ini menjadi garda terdepan ekonomi kita,” kata Menparekraf Sandiaga saat menghadiri Workshop Content Creator di Durian Runtuh Nadhira Napoleon, Minggu (18/9/2022). 

Menparekraf Sandiaga saat menghadiri Workshop Content Creator di Durian Runtuh Nadhira Napoleon, Minggu (18/9/2022). (hms)

Menparekraf menyampaikan bahwa para konten kreator harus dapat mengeksplorasi produk ekonomi kreatif tanah air dan mengunggahnya ke media sosial. Sehingga, tidak sekadar konten yang menghibur, tapi konten yang memberikan edukasi yang membantu meningkatkan promosi, kualitas, serta aksesibilitas masyarakat terhadap berbagai produk ekonomi kreatif tanah air.

Menurutnya, para konten kreator memiliki peran yang kuat untuk membantu meningkatkan kualitas dan aksesibilitas produk karya anak bangsa kepada masyarakat luas.

Lebih lanjut, Menparekraf juga membagikan tips membuat konten yang menarik, yaitu konten harus bisa menggambarkan situasi terkini dan relevan.

“Intinya konten di era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) itu, konten itu harus otentik sesuai dengan keadaan yg bergejolak, dan harus bisa menggambarkan situasi terkini dan relevan. Kita harus memberikan solusi jangan panas-panasin. Bagaimana menciptakan koten yang menjadi buah bibir, jangan asal viral tapi harus membawa pesan yang baik,” kata Menparekraf. 

Sandiaga berharap melalui workshop ini mampu meningkatkan pemahaman dalam membuat konten yang berkualitas. 

Turut mendampingi Menparekraf, Staf Khusus Menteri Bidang Akuntabilitas, Pengawasan dan Reformasi Birokrasi, Krisnandi. (menparekraf/I Gusti Ayu Dewi)

Komentar