Kominfo : Platform Digital Take Down Konten “Mengemis Online”

Dialog Rakyat | Fenomena “mengemis daring” menggunakan warga lanjut usia, saat ini marak dilakukan oleh beberapa pengguna platform media sosial, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong mengatakan, pihaknya sedang meminta platform digital untuk menghapus (take down) konten terkait mengemis daring tersebut, Jumat (20/1/23).

Dirjen IKP Kemenkominfo mengatakan, upaya tersebut dilakukan seiring telah adanya kebijakan dari Menteri Sosial Tri Rismaharini yang melarang kegiatan mengemis, baik secara luring maupun daring dengan memanfaatkan warga lanjut usia (lansia).

Layar Sari alias Inak Mawar (55) asal Dusun Pedek Setanggor Timur 2, Desa Setanggor, Lombok Tengah, saat sedang live TikTok dengan adegan mandi lumpur, Kamis (19/1/2023) siang. (Foto: Ahmad Viqi/detikBali)

“Dengan adanya kebijakan dari Mensos yang melarang pengemis online, kami sedang mencari dan meminta platform digital untuk men-take down konten-konten terkait hal ini,” jelas Dirjen IKP Kemenkominfo dilansir dari ANTARA, Jumat (20/1/23).

Diketahui, Menteri Risma telah mengeluarkan Surat Edaran yang ditujukan kepada Pemerintah Daerah untuk melarang eksploitasi warga lanjut usia, merespon maraknya lansia mengemis di sosial media. (dbs)

Komentar