Ekonomi Kreatif Dorong Percepatan Pemulihan Ekonomis Pasca Pandemi

BANDUNG | Dialog Rakyat | Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep perekonomi yang lebih menekankan kreativitas seseorang atau kelompok dalam menghasilkan sebuah karya atau produksi.

Dalam mengembangkan sector ekonomi kreativ, Pemerintah terus mendorong para pekerja yang bergerak di sector ekonomi kreatif terus berkembang dan menghasilkan produk-produk yang bernilai ekonomi. Untuk itu, perlu didorong dengan berbagai pelatihan peningkatan sumber daya manusianya.

Menurut anggota Komisi II DPRD Jabar, H. Syamsul Bachri, SH, MBA dari Fraksi PDI Perjuangan mengatakan, memasuki era pasca pendemi covid-19, untuk itu, DPRD Jabar meminta kepada pemerintah mulai dari Pusat, Perovinsi dan Kabupaten/kota melalui Dinas terkait, seperti Dinas Koperasi-UMK, Disperindak, agar terus mendorong kemajuan sector ekonomi kreativ.

“Sektor Ekonomi kreativ telah terbukti mambantu percepatan pertumbuhan ekonomi dan mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat. Bahkan, juga mampu mengurangi angka tingkat pengangguran ditengah masyarakat, menciptakan peluang usaha baru”. Demikian dikatakan anggota Komisi II DPRD Jabar H Syamsul Bachri, SH, MBA saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu (15/04/2023).

Politisi Politisi PDIP Jabar ini mengatakan, ekonomi kreativ juga memiliki dampak positif yang menguntungkan bagi lingkungan masyarakat dimana lokasi ekonomi kreativ tersebut berada. Bahkan, bisa mendatangkan devisa negara. Hal ini karena biasanya di lokasi beradanya ekonomi kreativ akan menjadi tujuan wisata dan Kawasan Wisata Ekonomi Kreativ.

Lebih lanjut anggota DPRD Jabar dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, Komisi II yang membidangi Perekonomian, akan terus mendorong agar sector ekonomi kreativ Jabar terus berkembang dan menghasilkan karya dan produksi dengan kwalitas baik.

Melalui aktivitas ekonomi kreatif , diharapkan setiap daerah bahkan hingga tingkat Desa-desa Provinsi Jabar suKita dari DPRD Jabar Kita perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumberdaya alam dan pertanian, industri, teknologi informasi menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri kreatif jelas Dadang Kurniawan.

Kreativitas akan mendorong inovasi yang menciptakan nilai tambah lebih tinggi, dan pada saat yang bersamaan ramah lingkungan serta menguatkan citra dan identitas budaya bangsa.

Kontribusi ekonomi kreatif pada perekonomian semakin nyata. Nilai tambah yang dihasilkan ekonomi kreatif juga mengalami peningkatan setiap tahun ujar Politisi PDIP Jabar ini.

Lebih lanjut Angleg dari Dapil Jabar XII (Kab/kota Cirebon-Kab Indramayu) ini mengatakan, untuk menggerakkan sektor ekonomi kreatif memerlukan kebersamaan, memerlukan sinergi dari semua pihak pelaku ekonomi kreatif. Salah satunya melalui temu kreatif nasional yang melibatkan para pelaku industri dan ekonomi kreatif untuk curah pikiran, curah gagasan, berbagi pengalaman, demi kemajuan sektor Industri kreatif, tandasnya.

Komentar