Ini Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari

BANDUNG | Dialog Rakyat | Kopi, salah satu minuman penghilang kantuk paling populer di dunia, dan banyak orang menikmati secangkir kopi hangat di pagi hari sebagai ritual rutin sebelum memulai aktivitas mereka. Selain memberikan rasa segar dan energi, minum kopi di pagi hari juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Jika Anda seorang pecinta kopi, manfaat secangkir kopi pagi itu mungkin tampak jelas. Ya, ini akan memberi Anda dorongan energi yang tak tertandingi untuk memulai hari Anda. Di luar manfaat signifikan itu, kopi memiliki beberapa manfaat kesehatan yang tak terduga.

Namun, seperti kebanyakan hal, sebaiknya jangan terlalu banyak minum kopi pagi Anda. Ahli diet, Jordan Hill, mengatakan kepada USA Today bahwa asupan kafein yang disarankan adalah sekitar 400 miligram (mg) per hari.
“Hill merekomendasikan 300 miligram per hari untuk orang dewasa, terutama mereka yang mungkin lebih sensitif terhadap efek samping kafein,” lapor mereka.
Karena rata-rata secangkir kopi mengandung sekitar 95 mg kafein, itu artinya Anda masih bisa menikmati secangkir (atau dua) setiap pagi. Rupanya ada beberapa alasan mengejutkan bagaimana secangkir kopi di pagi hari bisa meningkatkan kesehatan Anda.

Berikut beberapa manfaat meminum secangkir kopi di pagi hari :

Baik untuk kesehatan jantung

Kopi baik untuk kesehatan jantung Anda. “Karena kopi dapat mempercepat detak jantung, beberapa orang khawatir meminumnya dapat memicu atau memperburuk masalah jantung tertentu,” kata Peter Kistler, MBBS, PhD, FRACP, dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh American College of Cardiology (ACC).
“Kami menemukan minum kopi memiliki efek netral artinya tidak membahayakan atau dikaitkan dengan manfaat bagi kesehatan jantung.”

Menurut Kistler, biji kopi mengandung lebih dari 100 senyawa biologis aktif. “Zat ini dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, meningkatkan metabolisme, menghambat penyerapan lemak di usus, dan memblokir reseptor yang diketahui terlibat dengan irama jantung yang tidak normal,” jelasnya.

Membantu mencegah penyakit hati

The Liver Foundation melaporkan bahwa lebih dari 100 juta orang Amerika memiliki sejenis penyakit hati. Sementara 4,5 juta orang dewasa didiagnosis, “diperkirakan 80-100 juta orang dewasa di AS menderita penyakit hati berlemak dan banyak yang tidak tahu mereka mengidapnya,” kata situs tersebut.

“Ketika tubuh Anda mencerna kafein, itu membuat zat kimia yang disebut paraxanthine yang memperlambat pertumbuhan jaringan parut yang terlibat dalam fibrosis,” jelas WebMD. “Itu dapat membantu melawan kanker hati, sirosis terkait alkohol, penyakit hati berlemak non-alkohol, dan hepatitis C.”

Menurunkan risiko stroke

Minum kopi hanyalah salah satu pilihan gaya hidup yang berpotensi mengurangi risiko menderita stroke, yang merupakan penyebab utama kematian di AS.

“Setiap tahun, lebih dari 795.000 orang di Amerika Serikat mengalami stroke,” kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), yang juga melaporkan bahwa seseorang meninggal karena stroke setiap 3,5 menit.

Dan para peneliti telah menemukan bahwa orang yang minum kopi secara teratur lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat stroke, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan banyak lagi.
“Orang yang minum tiga hingga empat cangkir per hari tampaknya mendapat manfaat paling banyak,” kata Verywell Health.

Membantu Anda hidup lebih lama

Mengingat banyak cara kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda, tidak mengherankan bahwa umur panjang adalah salah satu manfaatnya.
“Ada banyak senyawa potensial yang bermanfaat dalam kopi,” kata Edward Giovannucci, pakar nutrisi, kepada WBUR. “Orang-orang berpikir tentang kafein, tetapi kemungkinan beberapa senyawa yang paling bermanfaat bukanlah kafein.”
Masyarakat Kardiologi Eropa (ESC) merinci angka-angka tersebut. “Semua jenis kopi dikaitkan dengan pengurangan kematian dari penyebab apapun,” lapor situs tersebut.

“Pengurangan risiko terbesar terlihat dengan dua hingga tiga cangkir per hari, yang dibandingkan dengan tidak minum kopi dikaitkan dengan kemungkinan kematian 14 persen, 27 persen, dan 11 persen lebih rendah untuk persiapan tanpa kafein, bubuk, dan instan, masing-masing.”

Menurunkan terkena risiko penyakit Parkinson

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko penyakit Parkinson (PD) yang lebih rendah, dan juga dapat membantu mereka dengan kondisi tersebut mengontrol gerakan mereka dengan lebih baik, kata Johns Hopkins Medicine.

“Sejumlah besar studi epidemiologi melaporkan hubungan terbalik dan responsif dosis antara konsumsi kopi/kafein dan risiko pengembangan Parkinson,” jelas Institute for Scientific Information on Coffee. “Konsumsi kopi tampaknya mengurangi atau menunda perkembangan Parkinson dan kafein kemungkinan besar merupakan faktor penyebabnya.” (dbs)

Komentar