Korlantas Polri Gandeng Komunitas Motor Tumbuhkan Kesadaran Keselamatan Berkendara

JAKARTA | Dialog Rakyat | Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) menggelar Gebyar Keselamatan 2023 dengan tema “Bersaudara di Jalan – Sehati, Safety dan Presisi” bersama Komunitas Motor di Lapangan Pusdik Lantas Polri, Sabtu (18/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menyampaikan pihaknya akan terus mencanangkan keselamatan dan kepatuhan masyarakat dalam berkendara.

“Hari ini merupakan satu dari banyak kegiatan upaya pemerintah, kepolisian untuk memastikan bagaimana tingkat keselamatan, tingkat kepatuhan berlalu lintas bisa terus diupayakan,” tuturnya.

Selain itu, Kakorlantas Polri juga mengajak kepada masyarakat untuk saling mengingatkan dan menjaga satu sama lain guna menumbuhkan kesadaran masyarakat akan keselamatan berkendara.

“Satu yang tidak boleh berubah adalah tentang komitmen, komitmen untuk saling menjaga, mengingatkan untuk bisa sama – sama menciptakan mendukung program – program keselamatan lalu lintas untuk diri masing- masing,” ujar Kakorlantas Polri.

“Kita bersama – sama anggota kepolisian lalu lintas di jalan, anggota masyarakat yang juga bergerak diatas roda – roda yang ada dijalan, bisa menunjukan satu kepatuhan dan satu kebutuhan bersama bahwa aturan lalu lintas dibuat untuk melindungi diri mereka,” ungkap dia.

Sementara, salah satu anggota komunitas motor Taufik Hidayat mengaku gelaran ini sebagai bentuk dukungan dalam mewujudkan ketertiban dan kelancaran lalu lintas di jalan raya.

“Baik sekali ya, harus sering diadakan oleh polri terutama lantasnya karena ini merupakan bagian dari pendidikan lalu lintas kepada masyarakat umum,” ujar Taufik

Diikuti 900 Bikers dari komunitas Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS gelaran ini sebagai upaya meningkatkan budaya tertib berlalu lintas mengingat fatalitas kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas masih tinggi.

Kegiatan ini diisi dengan penyematan pin kepada bikers motor, pembacaan ikrar pelopor keselamatan, Coaching clinic keselamatan berkendara dan Demo safety riding.

Turut hadir, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, Kapusdik Lantas Lemdiklat Polri Kombes Pol Djoni Hendra, Ketua Aisi Bidang Komersil Sigit Kumala dan Pejabat Utama Korlantas Polri lainnya.

Sebagai informasi, Kampanye Gebyar Keselamatan akan terus berlanjut hingga 18 Desember 2023. Masyarakat masih bisa mengikuti foto kontes Safety Riding mention ke instagram @gebyarkeselamatan. (Edison/hms)

Komentar