Nyamar Jadi Tentara Gadungan Tipu Penjual HP, KNP diringkus Polsek Pasar Rebo

JAKARTA  |  Dialog Rakyat  | Seorang pria berinisial KNP (41) ditangkap Unit Reskrim Polsek Pasar Rebo setelah melakukan aksi pencurian handphone merek Samsung Galaxy Z Flip 4 dengan modus penipuan.

Dalam aksinya, pelaku menggunakan kaos warna hijau, celana panjang hijau dan sepatu PDL warna hitam. Pelaku menjalankan aksinya di Jalan Mahoni, tepatnya di dalam RS Kesdam, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Kapolsek Pasar Rebo Kompol Haris mengatakan, modus penipuan yang dilakukan tersangka KNP berawal ketika pelaku melihat postingan yang berada di Facebook tentang penjualan handphone. Kemudian terjadi komunikasi antara pelaku dan korban melalui WhatsApp.

“Pelaku pada saat melakukan penipuan menggunakan nama palsu dan menggunakan pakaian berupa kaos hijau dan celana panjang hijau seperti pakaian yang dipakai tentara,” kata Kompol Haris kepada awak media, Jumat, 24 November.

Pelaku menggunakan pakaian tentara itu untuk meyakinkan korban. Setelah handphone berada pada pelaku, kemudian pelaku berpura-pura menelpon.

“Pelaku beralasan untuk mengecas handphone yang akan dibelinya, sambil menunggu korban lengah dan ketika korban lengah pelaku pergi melarikan diri,” ujarnya.

Korban M Faisal (22) kemudian melaporkan kejadian yang menimpa dirinya ke Mapolsek Pasar Rebo. Selanjutnya pelaku dilakukan pengejaran.

“Pelaku ditangkap setelah korban melapor. Pelaku dijerat Pasal 378 KUHP, dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara” katanya.

Sementara dijelaskan Kapolsek bahwa motif pelaku melakukan penipuan 1 (satu) unit handphone adalah untuk mendapatkan uang yang akan digunakan untuk biaya hidup dirinya. (edison/hms)

Komentar