Musrenbang Desa Babat Sesuai Rencana dan Dapat Diterima Oleh Semua pihak

PALI | Dialog Rakyat | Pemerintah Desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), telah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh pihak kecamatan Penukal.

Musyawarah perencanaan pembangunan Desa yang selanjutnya disingkat Musrenbang ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 Desember tahun 2023 puku 14.00 wib, bertempat di Gedung Arya Gayab Convention Center Desa Babat.

Musrenbang ini dihadiri oleh Kepala Desa Babat, Arie Meidianyah F, S.Pd.,M.Pd,Camat Penukal, Kusteti, SE.,MM, Kepala Dinas PMD diwakili, Pendamping Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, Ketua BPD dan Anggota, Ketua LPM dan Anggota, Kepala Sekolah, SMP/SMAN , Para toko masyarakat, Tokoh alim ulama, dan para perangkat Desa Babat.

Kegiatan musyawarah tahunan yang dilakukan oleh pemerintah Desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) yang disesuaikan dengan arah kebijakan pemerintah Desa dalam jangka waktu satu tahun atau satu periode.

Melibatkan semua kelompok masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemerintah Desa, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang akan diajukan untuk tahun selanjutnya. yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayayi oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli Desa, Bantuan Provinsi, dan sumber dana lainnya.

Hasil dari musrenbang tersebut menghasilkan suatu RKPDes tahun 2024 serta DU-RKPD yang nantinya akan dibahas dalam musrenbang tingkat kecamatan untuk tahun 2025

Kepala desa Babat Kecamatan Penukal, Arie Meidiansyah F, S.Pd.,M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan, tahapan musyawarah ini atas dasar kajian, evaluasi dan analisa Tim penyusun RKPDes yang sudah dibentuk.

“RKPDes Pembangunan apa yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan dan yang tidak bisa dilaksanakan,sebagai evaluasi kami, perlu dipahami oleh semua lapisan masyarakat dan sticholder yang ada di desa Babat, ujarnya.

Kades mengaskan, bahwa tahapan ini adalah tahapan penting yang harus dilalui oleh pemerintah Desa dalam kesempatan ini saya harapkan sinergitas dari elemen masyarakat dan lembaga Desa dengan pemerintah Desa karena dengan sinergitas akan menumbuhkan rasa memiliki terhadap Desa.

“Dan tentunya akan tumbuh harmonisasi yang menjadikan modal kuat dalam menata pemerintahan Desa sesuai dengan visi misi kepala Desa dan visi misi kabupaten PALI, saya melihat bahwa di Desa Babat ini banyak potensi yang layak untuk dikembangkan dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa.” sebut Kades.

Terpantau didalam acara Musyawarah Renacana Pembangunan Desa atau yang biasa disebut musrenbangdes berjalan sesuai rencana dan dapat diterima oleh semua pihak. (Jon)

Komentar