Mahfud MD Sebut Partai Seperti Bebek yang bisa dikendalikan

JAKARTA | Dialog Rakyat |¬†Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD, mengeluarkan pernyataan yang menggugah perhatian saat ia menyinggung partai politik yang tidak mengusung pasangan nomor urut 3 layaknya “bebek yang dikendalikan”.

Mahfud mengklaim bahwa dibandingkan dengan pasangan lain, pasangan Ganjar Mahfud-lah yang mampu menjadi petugas pelaksana konstitusi yang lebih tahu dan lebih mengerti isu-isu yang berkaitan.

Pernyataan ini disampaikan oleh Mahfud saat agenda Tabrak Prof di Koat Kopi, Yogyakarta, Senin (5/2/2024), sebagai tanggapan terhadap tudingan bahwa pasangan Ganjar Mahfud maju dalam kontestasi pilpres hanya sebagai petugas partai.

Ia menjelaskan bahwa kampanye yang dilakukan oleh pasangan nomor urut 3 tidak terikat dengan arahan partai, dan mengklaim bahwa Ganjar Mahfud adalah petugas konstitusi yang diusung oleh partai-partai yang gagah, tidak seperti partai politik pengusung pasangan lain yang hanya mengikuti arahan seperti bebek yang dipegang lehernya.

Namun, pernyataan Mahfud ini langsung dibantah oleh Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat dan juga juru bicara TKN Prabowo-Gibran, Andre Rosiade. Menurut Andre, suasana dalam koalisi mereka sangatlah solid dan kompak, serta tidak ada tanda-tanda kepanikan.

Andre menilai pernyataan Mahfud sebagai reaksi dari kepanikan akibat survei yang menunjukkan penurunan popularitas pasangan Ganjar Mahfud. “Saya ingin memastikan bahwa hal itu tidak benar,” ujar Andre. (Edison/DBS)

Komentar