oleh

Kadisdik: PLS Harus Mendukung Proses Pembelajaran Sesuai Tujuan Pendidikan Nasional

BANDUNG, Dialograkyat– Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dewi Sartika mengimbau seluruh satuan pendidikan agar pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) 2019 diisi kegiatan bermanfaat sesuai Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

”Kegiatan PLS harus mendukung proses pembelajaran yang sesuai tujuan pendidikan nasional, ” ucap Kadisdik, saat berkunjung ke SMAN 4 Bandung, Jln. Gardujati No. 20, Kota Bandung, Senin (15/7/2019).

Kadisdik menegaskan, PLS tahun ini harus bersih dari perpeloncoan atau kegiatan tidak bermanfaat lainnya, seperti menggunakan atribut yang tak pantas atau melakukan hal yang tidak memiliki nilai edukasi.

“PLS jangan diisi hal yang tidak bermanfaat, seperti menghitung jumlah biji kacang hijau atau menggunakan kaus kaki tak sepasang. Itu harus dihindari dan jangan sampai terjadi,” tegasnya.

Kadisidik pun berharap, kegiatan PLS mampu memancing daya kreativitas dan inovasi siswa. “Sehingga bisa meningkatkan karakter juara siswa agar selalu bersemangat, unggul, mandiri, dan memiliki daya saing tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 4 Bandung, Andang Segara menegaskan, pelaksanaan PLS di sekolahnya akan berjalan tertib dan aman sesuai amanat Kemendikbud dan Disdik Jabar. “Insya Allah semuanya aman. Seluruh panitia sudah dilatih dan diinformasikan. Tidak akan ada perpeloncoan, kekerasan atau bullying,” tegasnya.

Andang menambahkan, selain mengenalkan siswa baru dengan lingkungan sekolah, PLS akan difokuskan pada pembinaan karakter siswa, khususnya karakter religius yang menjadi ciri khas sekolah tersebut. “Seluruh siswa akan diberi pendidikan karakter tersebut agar bisa digunakan di dalam ataupun di luar lingkungan sekolah,” pungkasnya. (hms/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed