oleh

“Menuju DEWI” Pemdes Sadewata Lakukan Revitalisasi Situ Hiang

CIAMIS, Dialograkyat–Pemerintah Desa Sadewata Kecamatan Lumbung kabupaten Ciamis terus berhias diri guna meningkatkan Pendapatan Asli Desa Sadewata( PADS) dengan cara menata dan mengeruk Situ Hiang yang berlokasi di Rt/ Rw 03/03 Dusun Babakan.

Dengan pelaksanaanya menurunkan 2 unit alat berat mengeruk lumpur yang sedimentasinya sudah tebal, tujuan dari pengerukan tersebut untuk menjaga kelestarian situ Hiang semakin terlihat alami dan bersih serta bisa lebih menarik pengunjung untuk menikmati suasana  alam pedesaan yang indah, alami dan asri.

Nursyamsi yang akrab dipanggil Leo selaku Kepala Desa Sadewata menuturkan” Disamping meningkatkan PADS, pengerukan ini bertujuan untuk mengembalikan luas situ yang mulai menyempit yang semula luasnya 7 ha sekarang hanya tinggal 3 ha.Jadi dengan upaya revitalisasi ini fungsi situ bisa kembali lagi sebagai embung  untuk mengairi lahan pertanian dan juga perikan, tuturnya Kamis (22/7).

Selain berfungsi untuk embung air, situ Hiang ini akan ditata untuk menuju Desa Wisata( DEWI) yang tentunya untuk meningkatkan PADS (pendapatan asli Desa Sadewata)

“Dengan menjadinya Desa Wisata diharapkan perekonomian masyarakat setempat akan meningkat, untuk itu kami pihak Pemdes Sadewata terus berupaya untuk menuju Desa Wisata,” Ungkapnya, menambakan atas nama Pemdes Sadewata mengucapkan banyak terima kasihnya kepada pihak BBWS Citanduy yang telah ikut membangun Situ Hiang, tanpa BBWS Citanduy mungkin pembangunan ini akan terhambat dari segi anggaran” jelasnya. ( dodi )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed