oleh

PNJ dengan Jenjang Diploma & Jurusan Kreatifnya

Oleh : Hanna Kalyca Khoeroh / PNJ

Menjadi seorang mahasiswa merupakan impian setiaporang. Selain bertujuan untuk mengenyam pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, menjadi mahasiswa berarti mencariilmu sambil mengembangkan potensi diri untuk bekal masa depan. Potensi diri dapat berkembang jika seseorang berada di lingkup pembelajaran yang mereka sukai atau kuasai.

Namun, banyak orang yang masih bingung dan belummengetahui potensi pada dirinya. Selain itu, belum mengenaldan memahami perguruan tinggi juga menjadi salah satu halyang membuat banyak orang merasa bingung. Kebanyakanorang mengenal perguruan tinggi adalah pendidikan yang akan melahirkan orang-orang dengan jenjang sarjana. Lebihtepatnya orang-orang masih mengira jika perguruan tinggihanya memiliki jenjang sarjana.

Padahal dalam dunia pendidikan perguruan tinggiterdapat jenjang lain, yaitu diploma. Jenjang ini melahirkanorang-orang yang akan memiliki gelar ahli (D3) atau sarjanaterapan (D4). Melalui jenjang diploma orang-orang yang barululus dari sekolah menengah atas bisa mengembangkanketerampilan dan penalarannya dalam penerapan ilmupengetahuan dan teknologi. Dalam pembelajarannya, mahasiswa pada jenjang ini diarahkan ke dalam dunia kerjayang sesungguhnya. Tidak seperti sarjana, jenjang ini lebihbanyak melakukan praktik atau kerja lapangan daripadamempelajari teori.

Terdapat banyak perguruan tinggi yang memiliki jenjangdiploma dan sarjana terapan. Biasanya jenjang ini terdapat di perguruan tinggi berbasis politeknik. Namun, universitas juga memiliki jenjang diploma dan sarjana terapan. Pada universitas jenjang ini berada pada program vokasi.

Sementara itu, terdapat banyak universitas dan politeknikyang menyediakan jenjang ini, baik swasta maupun negeri. Salah satu politeknik negeri yang melahirkan orang dengangelar diploma dan sarjana terapan di Jakarta adalah PoliteknikNegeri Jakarta.

Politeknik Negeri Jakarta terletak di Jl. Prof.DR.G.A.Siwabessy, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat. Politeknik Negeri Jakarta atau biasa disingkat PNJ merupakansalah satu perguruan tinggi negeri yang terdapat di area kampus Universitas Indonesia, Depok. Awalnya kampus inimerupakan bagian dari Universitas Indonesia, tetapi pada 1998 menjadi kampus mandiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 207/O/1998.

Memiliki tujuh jurusan, PNJ menjadi kampus yang terakreditasi B. Jurusan-jurusan tersebut, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika & Komputer, Teknik Grafika & Penerbitan, Akuntansi, dan Administrasi Bisnis (Niaga). Dalam meningkatkan daya saingyang merupakan visi-nya, PNJ melakukan penguatan dalambidang kerjasama. Kerjasama tersebut dilakukan baik di dalam maupun di luar negeri.

Dari ketujuh jurusan tersebut, satu-satunya jurusan yang mengembangkan kreatifitas adalah jurusan Teknik Grafika & Penerbitan. Jika biasanya jurusan teknik indentik dengansesuatu yang  membosankan karena kegiatan dan gedungnya, TGP memiliki gedung yang sangat artistic.

TGP memiliki empat program studi, yaitu TeknologiIndustri Cetak Kemasan (D4), Desain Grafis (D4), Grafika(D3), dan Penerbitan Jurnalistik (D3). Pada program studiPenerbitan Jurnalistik, mahasiswa mendapat banyak pelajaranyang menarik. Mereka biasanya diajarkan fotografi, mengeditvideo, dan membuat tulisan dengan berbagai jenis. Jikabiasanya mahasiswa jurusan lain belajar teori di ruang kelasdan melakukan praktik di bengkel, program studi PenerbitanJurnalistik melakukan praktik di luar kampus. Mahasiswasering melakukan peliputan dan menghadiri acara di berbagaitempat. Hal ini selain membuat pengetahuan mahasiswasemakin meningkat, juga bisa membuat mereka tidak merasabosan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Hal tersebut menunjukkan jika di Indonesia terdapatbanyak perguruan tinggi dengan program dan jenjang yang beragam. Sehingga orang-orang yang baru lulus dari sekolahmenengah atas tidak perlu bingung lagi untuk menentukanpilihan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed