Tingkatkan Hasil Pertanian, Bupati Lahat Serahkan Bantuan Puluhan Hand Traktor, Mesin Pompa Air dan Mesin Tanam Padi

Jurnalis: Barab Dafri. FR

LAHAT SUMSEL, dialograkyat – Secara langsung Bupati Cik Ujang SH kembali memberikan bantuan kepada Kelompok Tani (Koptan) yang tersebar dalam Kabupaten Lahat berupa hand traktor sebanyak 10 unit, mesin pompa air 3 inchi sejumlah 55 unit dan mesin tanam padi 20 unit.

Selain memberikan bantuan, Bupati Lahat yang didampingi ketua DPRD Lahat, Dandim 0405 dan Kapolres Lahat juga menyerahkan sertifikat bagi penyuluh pertanian terbaik bertempat di Dinas Pertanian Kabupaten Lahat. Jumat (24/1/2020).

Saat menyampaikan kata sambutan, Bupati Lahat mengatakan bahwa saat ini baik pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi sangat mendukung dunia pertanian dalam meningkatkan hasil pertanian. Untuk itu, pemerintah membantu serta menambah memodernisasi alat pertanian dengan meningkatkan anggaran pertanian melalui Kementrian Pertanian. Seperti saat ini diperbantukan kepada beberapa Koptan dalam Kabupaten Lahat.

“Hal itu bertujuan untuk memacu kesejahteraan para petani. Dan, kepada kelompok tani yang mendapatkan bantuan hari ini, agar menggunakan bantuan ini sebaik-baiknya. Jika ada famili, teman maupun tetangga yang mau minjam, maka silakan pinjamkan. Ini semua untuk kita dalam menghasilkan hasil pertanian yang kita harapkan bersama,” sambungnya.

Dijelaskan Bupati, anggaran khusus pertanian ditahun depan akan bertambah untuk bantuan pupuk organik untuk seluruh Koptan berkisar Rp.2,5 Miliar. Namun, jika ada oknum yang malah menjual pupuk tersebut ke masyarakat, maka dirinya meminta agar segera dilaporkan.

Alasannya, Karena ini adalah program Bupati untuk menyejahterakan petani dan sekali Ia berpesan kepada Koptan jangan dijual ke masyarakat, ini dari kita dan untuk kita, menuju Lahat Bercahaya.

Salah seorang anggota Koptan asal Desa Prabu Menang, Kecamatan Merapi Timur, Paslan menerima bantuan hand traktor dari mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani hingga produktivitas petani yang di Kabupaten Lahat bisa meningkat.

Berdasarkan data yang diterima media ini Koptan penerima Hand Traktor berasal dari Koptan Desa Prabu Menang, Koptan Desa Pagar Jati, Koptan Desa Keban Agung, Koptan Desa Karang Cahaya, Koptan Desa Pandan Arang, Koptan Desa Sengkuang, Koptan Desa Air Dingin Lama, Koptan Desa Bandar Aji, Koptan Desa Tanjung Aur dan Koptan Desa Gemidar Ulu.

Koptan penerima bantuan Mesin Pompa Air sebanyak 55 unit diwakili oleh Koptan Desa Muara Gelumpai, Koptan Desa Negeri Agung dan Koptan Desa Lebak Budi.

Dan, Untuk penerima cultivator sebanyak 20 unit diwakili oleh Koptan Desa Nanti Giri Kecamatan Jarai. ***

Komentar