DPRD Jabar Sambut Positif Latgab TNI dan US Army

BANDUNG | Dialog Rakyat | Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati sudah seminggu ini jadi tempat latihan gabungan (Latgab) antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan US Army.

Latgab bertajuk “Garuda Shield XV berlangsung selama dua minggu, mulai 1 Agustus 2021 hingga 14 Agustus 2021.

Kabar tersebut diketahui dari unggahan instagram @infobjb. Tidak hanya satu twitt, dua sekaligus yang dilakukan pada dua hari yang berbeda, 4 dan 5 Agustus 2021.

“Welcome to Kertajati International Airport, Majalengka, West Java,” @infobijb dalam unggahan pertamanya.

Unggahan tersebut berupa tayangan video yang berdurasi hanya sekian detik saja, tampilannya, video long shot tampak belakang orang tengah berjalan dari mulai dari lobi hingga landasaran pacu. Dilandasan pacu tampak, kapal terbang besar berwarna hitam.

Upload kedua, berupa foto pesawat. Dengan tulisan Bandara Kertajati Mendukung Kegiatan Latihan Gabungan TNI-US Army Garuda Shield.

Selain itu, admin @infobijb juga menerangkan, TNI dan US Army menggelar Latihan Gabungan “Garuda Shield XV yang dimulai pada tanggal 1-14 Agustus 2021.

“Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka mendapat kehormatan menjadi bagian dari latihan gabungan tersebut,” jelasnya.

Kegiatan tersebut merupakan latihan perang TNI Angkatan Darat (TNI AD) dan Tentara Amerika Serikat yang digelar di Baturaja, Sumatra Selatan; Amborawang, Kalimantan Timur; dan Makalisung, Sulawesi Utara.

Total ada sebanyak 2.621 Prajurit TNI AD dan 1.547 tentara Amerika Serikat yang terlibat dalam Latihan Garuda Shield XV.

Anggota Komisi IV DPRD Jabar H Daddy Rohanady yang dimintai komentarnya soal kabar latihan gabungan tersebut mengatakan belum dapat kabar.

“Saya belum dengar, nih,” katanya saat dihubungi via pesan tertulis whatsapp, Jumat 6 Agustus 2021.

Anggota Komisi I DPRD Jabar H Syahrir SE M.Ipol juga mengatakan belum tahu. Walau demikian Politisi Gerindra, dari Dapil IX Kabupaten Bekasi ini menyambut positif latgab tersebut.

“Kemungkinan keterlibatan BIJB Kertajati hanya sebagai bandara pendukung, bukan yang utama. Kalau memang nanti, ada pesawat Amerika Serikat yang mendarat disitu, kan lebih bagus. Berarti BIJB Kertajati, sudah bisa dipakai untuk Internasional,” katanya.

“Yang paling penting, sudah memenuhi ketentuan sebagai bandara internasional. Yang paling dekat, dan mumpuni untuk melakukan suatu kegiatan latihan gabungan bertajuk Garuda Shield XV,” pungkasnya. (red)

Komentar