Desa Purun Kec.Penukal Lakukan Pilkades, Masyarakat Antusias Salurkan Hak Pilihnya

PALI | Dialog Rakyat | Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengadakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak hari ini, Rabu (27/10). Salah satunya Desa Purun Kecamatan Penukal.

Warga desa pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya. Mereka beram.ai-ramai mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) tempatnya mencoblos.

Ano (42), salah satunya. Laki – laki yang tinggal di Desa Purun, Kecamatan Penukal ini menyalurkan hak suaranya di TPS 06 di Desa Purun. “Prosesnya termasuk cepat. Tidak usah terlalu lama menunggu sudah dipanggil,” kata Ano, ditemani sang istri.

Desa Purun ini memiliki 6 TPS yang tersebar di 6 tempat. Desa Purun ini memiliki tiga orang kandidat kades yang semuanya laki laki Yakni. Aplan K, Nur Effendi dan Adianto.

Meski berpanas panasan, masyarakat tetap mengunakan protokol kesehatan dan terlihat antusias masyarakat untuk menggunakan hak suaranya. Tampak pula di antara mereka, 3 kandidat kades Desa Purun, mereka ikut menyaksikan proses pencoblosan dari TPS yang meraka mencblos masing masing.

Ketua Panitia pilkades Desa Purun Kecamaran Penukal, Kemiran. SPd.I mengatakan, pada pukul 12.00 WIB, panitia mendatangi pemilih yang sakit kronis atau difabel ke rumah masing-masing untuk mencoblos kades pilihannya dari rumah. “Ini akan mempermudah mereka yang mengalami keterbatasan,” ujar Kemiran.

Ditamabah Kemiran, dalam pilkades serentak ini terdapat 3 cakades Desa Purun Kecamatan Penukal, Sedangkan total pemilih ada 3014 pemilih. Mereka mencoblos kades pilihannya di 6 TPS yang telah disediakan. Pilkades ini dilaksanakan mulai pukul 07.30 dan diakhiri pukul 13.00 WIB, dan sesudahnya langsung dilakukan penghitungan hasil pemungutan suara. (Jon)

Komentar