H.Dasep Pedulikan Ekonomi Kerakyatan

KAB.BANDUNG | Dialog Rakyat | Anggota DPRD Kabupaten Bandung, H.Dasep Kurnia Gunarudin, S.H.,M.M dari fraksi PKS dilaksanakan di Kampung Cibodas, Desa Cingcin Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung soroti ekonomi  mikro atau ekonomi kerakyatan.

Menurut H.Dasep, akibat pandemi masih terasa imbasnya terutama masyarakat yang berpenghasilan rendah, kebetulan di daerah ini banyak masyarakat kelompok ekonomi mikro yang sangat membutuhkan uluran tangan dari Pemerintah Kabupaten Bandung.

“Kelompok masyarakat ekonomi mikro berharap pemerintah ikut berkontribusi untuk memajukan ekonomi mikro baik infrastruktur maupun lainnya di daerah Desa Cingcin, karena di Desa ini banyak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian karena dampak pandemi Covid 19”, ungkap Dasep.

Mengenai bagaimana pemerintah bisa me-recovery masalah-masalah ekonomi yang ada di masyarakat serta bagaimana masyarakat bisa kembali bekerja serta  bisa melangsungkan kehidupannya karena akibat pandemi banyak pengangguran.

“Makanya untuk mengatasi pengangguran, masyarakat butuh lapangan kerja termasuk membutuhkan permodalan dari Pemerintah Kabupaten Bandung agar ekonomi kerakyatan bisa kembali pulih” jelasnya Dasep. 

Menyikapi dana bergulir, Dasep mengatakan ini kurang efektif.

“Pencairan dana dengan mengambil uangnya di Bank saya pikir pemerintah kurang bijak, karena di Bank ada BI Checkingsegala macam ditambah masyarakat sudah pinjam kemana-mana ditambah pinjam ke bank akhirnya tidak ke akses” ungkapnya.

Dasep melanjutkan, Solusi terbaik adalah tidak melalui Bank, akan tetapi menggunakan Lembaga ekonomi kerakyatan semacam Koperasi dan Bumdes karena di sana tidak memberlakukan BI checking. (Nurjanah/edit:red)

Komentar