Pj. Gubernur Heru dan KSAD Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Saluran Air dan Pasar

JAKARTA | Dialog Rakyat | Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak meninjau kegiatan bersih-bersih Sungai Anak Kali Krukut dan sekitar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (13/12).

Be rsih-bersih aliran sungai baik sekunder maupun primer dan pasar-pasar tradisional
Kegiatan bertajuk ”Karya Bakti” ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir dari aliran sungai yang dipadati sampah.

“Hari ini, kami bersama-sama dengan KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, juga dengan Kapolda dan Pangdam bersama-sama melakukan program Karya Bakti, untuk bersih-bersih aliran sungai baik sekunder maupun primer dan pasar-pasar tradisional,” kata Pj Gubernur Heru, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

350 Personel Gabungan Bersihkan Kali Banglio
Pj Gubernur Heru mengapresiasi KSAD yang telah membantu Pemprov DKI bersama warga untuk melakukan aksi bersih-bersih saluran, serta menggerakkan urban farming dan penanaman pohon untuk penghijauan kawasan.

“Saya berterima kasih kepada KSAD untuk kegiatan ini. Sebenarnya, sejak beliau menjabat Pangkostrad, sudah membantu warga dan Pemprov DKI untuk urban farming, seperti menanam dan memetik cabai bersama, serta masih banyak lagi,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Heru juga mengajak warga Jakarta untuk membantu menjaga kebersihan lingkungan di mana pun tempatnya, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan. “Kepada warga Jakarta, kami imbau untuk membantu dengan tidak membuang sampah sembarangan. Warga mau berjualan silakan, tetapi setelah berjualan, tolong sampahnya dirapikan lagi,” terangnya.

Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, program Karya Bakti yang digagasnya ini dilakukan untuk mengajak personel TNI dan Polri bersama warga dan relawan untuk membersihkan sungai, area pasar tradisional, hingga penanaman pohon.

“Menghadapi musim hujan ini, kita harus menyiapkan aliran-aliran air agar bersih dari sampah, sehingga tidak terjadi banjir, karena air dapat mengalir dengan baik. Juga hari ini, kita melakukan pembersihan pasar-pasar tradisional serta penanaman pohon di seluruh Indonesia,” kata Maruli.

Untuk di Jakarta hari ini, lanjut Maruli, diturunkan sekitar 600 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan sejumlah organisasi relawan untuk membersihkan Sungai Krukut yang berada di wilayah Kodim 0501/JP dan Pasar Tanah Abang.

Maruli mengimbau jajarannya agar terus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan bergotong royong membersihkan lingkungan.

“Jadi kita kerjakan program ini sambil mengampanyekan hidup bersih, tidak membuang sampah sembarangan di aliran air. Jangan mengganggu aliran air dengan sampah-sampah. Hal ini dilakukan agar kita terhindar dari bencana banjir,” terang Maruli.

Terkait dengan penanaman pohon di Jakarta, Maruli mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan Pemprov DKI untuk menanam di lahan-lahan tidur, yaitu lahan bekas pertanian yang sudah lama tidak digunakan. Kegiatan ini mendapat respons yang baik dari masyarakat dan Pemprov DKI.

“Jadi lahan-lahan tidur, mungkin hanya 1.000 meter kita tanami dengan cabai, tomat, dan terong. Ternyata mendapat respons yang baik dari masyarakat, Pj. Gubernur dan Wali Kota. Mudah-mudahan ini menjadi budaya, setiap lahan-lahan sempit dapat kita tanami pohon-pohon,” tegas Maruli. (edison/rls)

Komentar