Pimpinan dan Anggota Komisi V DPRD Jabar Kunker Study Komparatif ke Asrama Kujang di Yogyakarta

JOGYAKARTA | Dialog Rakyat | Pimpinan dan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat drh. H. Achmad Ru’yat, M.Si melaksanakan kunjungan kerja study komparatif ke Asrama Kujang milik Provinsi Jabar di Yogyakarta.

Kunjungan rombongan Komisi V DPRD Jabar tersebut dalam rangka meninjau sarana prasarana Asrama Kujang milik Provinsi Jawa Barat untuk pelajar asal Jawa Barat, di Yogyakarta.

Kondisi Asrama Kujang bagi pelajar dan Mahasiswa asal Jabar merupakan fasilitas yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat khusus bagi warga yang tengah menuntut ilmu di Yogyakarta. Pemprov menyediakan satu asrama mewah agar mereka bisa menuntut ilmu dengan baik.

Menurut anggota Komisi V DPRD Jabar H. Eryani Sulam, MSi, bahwa Asrama yang terletak di Jalan Pengok Kidul, Yogyakarta tersebut diberi nama Asrama Kujang. Asrama tersebut selain untuk mahasiswa dan pertemuan warga Jabar, juga dapat digunakan sebagai anjungan. Warga Jabar dapat menggelar berbagai aktivitas budaya Sunda di tempat tersebut.

Eryani Sulam mengatakan, Asrama Kujang di Yogyakarta, berdasarkan keterangan pihak pengelola, bahwa asrama tersebut dibeli oleh Mahasiswa Jabar yang kuliah di Yogyakarta pada tahun 2005. Namun, sempat roboh diterjang Gempa Yogyakarta.

Untuk membangun kembali asrama tersebut, maka Pemprov dan DPRD Jabar menganggarkan dana sekitar Rp.10 Miliar pada tahun 2015 dan 2016. Dengan anggaran sebesar tersebut, maka berdirilah asrama yang cukup megah tersebut, terdiri dari 5 lantai dengan fasilitas memadai, dari parker hingga kamar VIP.

“Terus terang kita Komisi V DPRD Jabar cukup bangga dengan Gedung Asrama Kujang tersebut, karena selain menjadi tempat berinteraksi warga dan mahasiswa asal Jabar, gedung ini hadir sebagai etalase Jabar di Yogyakarta,” ujar politisi Nasdem Jabar ini, saat dihubungi melalui telp seluler, Senin (18/03/2024).

Komentar