oleh

Mengenal Budaya dari Karya

Penulis: Muhammad Imam Birawa
Politeknik Negeri Jakarta

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya. Namun, belumbanyak budaya Indonesia yang diketahuin oleh masyarakatnyasendiri maupun mancanegara. Dengan karya budaya dapatdiperkenalkan dan dengan karya pula selain memperkenalkanbudaya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif bagibangsanya.

Bank Indonesia kembali menyelenggarakan pameran KaryaKreatif Indonesia (KKI) 2019 yang keempat kalinya pada hariJumat-Minggu, 12-14 Juli 2019 di Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center. Pameran yang bertemakan “MendorongPertumbuhan Ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital” akan menghadirkan koleksi lengkap kain tradisionalbatik, tenun, ulos, songket, dan produk turunannya, perhiasandan kerajinan tradisional serta produk pangan olahan dariUMKM unggulan binaan BI yang tersebar di seluruh nusantara.

Pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner nusantara dankopi unggulan Indonesia. Selain dipamerkan pengunjung dapatjuga membeli kain khas Indonesia yang dijual dari berbagaimacam daerah. Adapula, workshop mengenai kopi khasnusantara dan demo memasak makanan tradisional Indonesia.

Pengunjung pun bisa belajar menenun dan membatik secaralangsung disana. Selain itu, diadakan fashion show yang ditampilkan dalam acara ini. Fashion show dari berbagaiUMKM binaan Bank Indonesia dan menampilkan berbagaidesigner seperti Didi Budiarto, Toton, Ferry Sunarto, UtangTunasa, dan Jenahara. Mereka menampilkan design baju dengankain khas Indonesia yang tidak kalah bagusnya dan sangatbernilai.

Memperkenalkan dan melestarikan budaya adalah tugas anakbangsa. Melalui kegiatan talkshow, workshop, dan business coaching, pengunjung juga dapat memperoleh informasimengenai cara untuk UMKM menembus pasar internasional danmemanfaatkan platform digital dalam pemasaran produkUMKM. KKI 2019 memberikan kesempatan kepada UMKM untuk mempromosikan produknya secara lebih luas, sekaligusmemotivasi untuk terus berkreasi menghasilkan produkberkualitas dan bernilai tinggi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed