Meriahkan HUT Ke-74 RI, Pelajar dan Warga Kecamatan Penukal Gelar Pawai Karnaval

PALI, Dialograkyat– Pemerintah Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel,  menggelar pawai karnaval budaya dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia Tahun 2019.

Perayaan pawai karnaval berlangsung Star di  depan SMKN 1 Penukal jalan lintas Blimbing/Sekayu, Senin (19/8/2019) yang diikuti oleh pelajar dan umum dilepas oleh Camat Penukal, Kusteti.SE bersama unsur Muspika Penukal.

Pawai karnaval yang mendapatkan perhatian khusus dari semua kalangan menempuh jarak sekitar 1 Kilometer finish di Tebing Purun Kecamatan Penukal untuk peserta pelajar tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK sederajat dan umum.

Camat Penukal, Kusteti.SE mengatakan, pawai karnaval ini dilakukan bertujuan agar warga Kecamatan Penukal dan Kabupaten PALI umumnya dapat merasakan arti dari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tidak hanya itu, ini seraya menumbuhkan rasa nasionalisme dan kegiatan ini sebagai sarana edukasi kepada generasi muda dan anak mengenai aneka budaya yang ada di Indonesia,” katanya.

Menurutnya, karnaval HUT RI kali ini meriah, peserta karnaval kali ini melibatkan berbagai elemen pelajar mulai dari usia TK, SD, SMP, SMA/SMK, dan juga ikut diiringi para peserta Umum.

“Kegiatan ini perlu kita apresiasi. Semoga dapat ditingkatkan lagi untuk tahun tahun berikutnya,” pungkas Camat.

Sementara Ketua panitia HUT RI ke 74 Kecamatan Penukal, Delta Sasra.AMd  yang juga dibagian Sekretaris Kecamatan Penukal,  menyebutkan peserta pawai Karnaval tahun 2019 mencapai seribuan orang mulai dari pelajar tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK dan Umum yang ada di Kecamatan Penukal  dan semua peserta didampingi para dewan guru sekolah masi-masing.

Dalam pawai karnaval juga tampil drum band dari SDN 4 Penukal dan SMPN 2 Penukal bimbingan Dewan Guru SDN 4 Penukal A. Yadik, SPd.

“Alhamdulillah pawai karnaval yang dimulai pukul 1.30 WIB dan sampai selesai berlangsung aman tertib dan lancar serta mendapat sambutan meriah dari masyarakat setempat,” ungkap Delta sapaan akrabnya.

Turut hadir pada pelepasan pawai karnaval Camat Penukal, Danramil Penukal, Kapolsek Penukal Abab dan jajaran Dewan Guru Pendidikan Penukal, stap Kecamatan Penukal, Polri yang ikut mengawal pelaksanaan pawai karnaval. (Jon)

Komentar