Antisipasi Corona Pemdes Desa Babat Siapkan Posko Pelayanan Kesehatan

PALI | Dialog Rakyat | Merebaknya virus Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan Corona membuat Pemerintah Desa Babat Kecamatan Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) aktif dalam melakukan aksi nyata dengan terus melakukan sosialisasi dan pengarahan kepada semua masyarakat yang ada di Desa Babat.

Sesuai himbauan Bupati dan DPRD Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Pemerintah desa akan melaksanakan tupoksi di¬† wilayah masing masing untuk menanggulangi menjegah virus corona Covid -19 dengan siaga 1×24 jam.

Seperti pada Sabtu (28/3) mulai dibuka posko di jalan lintas Blimbing/Sekayu, Kepala Desa Babat Arie Meidianyah Fitri, S.Pd melakukan sosialisasi dan pengecekan kepada salah satu tamu yang sedang berkunjung ke salah satu rumah warganya dan perantau yang berkerja di luar daerah untuk melakukan chek up di posko yang sudah di sediakan oleh Pemerintah Desa juga di data Dengan membuka sebuah posko pemeriksaan, maka akan dengan mudah masyarakat untuk melakukan chek up jika mempunyai gejala-gejala yang menyerupai Covid Р19 tersebut.

Kades juga menuturkan, bahwa di sebuah posko pelayanan yang ia buka sudah disediakan berkerja sama tenaga medis bidan Desa yang di bantu, BPD, Karang taruna, pramuka, Prangkat Desa dan Limas Desa yang untuk menanggulangi virus tersebut. Tenaga medis yang ia sediakan akan melayani setiap masyarakat yang akan periksa tanpa ada batasan waktu dan semua pemeriksaan tersebut diberikan secara gratis baik warga Babat maupun tamu dari luar Babat Kecamat Penukal.

“Pantauan media ini dilapangan tidak ada gejala-gejala yang di derita warga, sampai saat ini masih aman-aman saja. Pihaknya juga tidak akan membatasi tamu maupun pengunjung yang akan datang di Desa Babat dengan alasan Corona,” ujar Kades.

Namun Kades selalu menyarankan bagi pemudik atau perantau yang diliburkan dari perusahaan untuk melakukan cek up, pakaian yang dia palai sekarang dicuci dan habis ini mandi dirumah masing masing terlebih dahulu sebelum melakukan aktifitas di desa yang ia emban tersebut dan selamah di karentikan, ujar Kades

Masih menurut kepala Desa, jika di kemudian hari pihaknyamenemukan gejala gejala yang merupakan Covid-19, pihaknya akan membawa warga atau pasien tersebut ke posko pusat atau pelayanan yang sudah di sediakan oleh pemerintah Daerah untuk penanganan lebih lanjut.

Ditempat yang sama, Ketua DPRD PALI H. Asri Ag, SH dan didamping Angota DPRD Suharno, SH menitoring kewilaya Davil 2, dari mulai Kecamatan Penukal Utara sampai Kecamata Penukal di tiga Puskesmas iaitu Puskes Tampirai, Puskesmas Air Itam dan terkahir Puskesmas Simpang Babat di akhiri di Posko Desa Babat.

Asri menjelaskan, alhamdulilah pada hari ini juga tidak ada yang mencurigakan terdapat virus Corona Covid-19 tersebut dan harapannya untuk selama selamanya virus ini tidak ada di wilayah PALI.

Ketua DPRD berharap, Warga Kecamatan Penukal Utara dan Kecamatan Penukal tidak perlu panik dan merasa ketakutan dangan adanya berita-berita yang sedang berkembang akhir-akhir ini. Pihaknya menghimbau, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan tidak perlu keluar rumah jika tidak dalam keadaan darurat atau yang bersifat penting dan jangan mengadakan keramaian, seperti mengadakan keramain, mengadakan orgen tungal, himbaunya.(Jon)

Komentar