Belum Punya NIK, Warga Masih Bisa Ikut Vaksin

PALEMBANG | Dialog Rakyat | Sie Dokkes Polrestabes Palembang telah menuntaskan penyuntikkan puluhan ribu vaksin kepada masyarakat selama kurang lebih empat bulan terakhir. Vaksinasi massal terus digencarkan untuk mencapai target Herd Immunity.

Untuk mencapai target Herd Immunity tersebut, syarat untuk vaksinasi dipermudah. Bahkan warga yang belum punya Nomor Induk Kependudukan (NIK) tetap bisa ikut suntik vaksin.

Kepala Sie Dokkes Polrestabes Palembang Dr Launa mengatakan, mereka Dokkes Polrestabes Palembang telah menggelar vaksinasi di sejumlah tempat dan bekerja sama dengan Satlantas.

Vaksinasi massal di Palembang Indah Mall. (Foto: humaspolri)

Semenjak bulan Juli hingga Oktober, jumlah vaksin yang disuntikkan terus naik setiap bulannya.

“Selama bulan Juli kami sudah mengelola vaksin sekitar 8.000 dosis, kemudian Agustus 11 ribu dosis, September naik lagi sekitar 21 ribu, dan bulan Oktober ini sementara sudah Rp 35 ribu dosis. Semuanya jenis Sinovac dan Pfizer” ungkap Dr Launa saat dijumpai di sela-sela vaksinasi massal di Palembang Indah Mall, Kamis (28/10/2021).

Drop vaksin terakhir yang diterima Polrestabes Palembang yakni kemarin, dimana 6.700 dosis vaksin distribusi dari Pemerintah telah diterima.

Selama vaksinasi massal berlangsung, mereka membagi tugas nakes dan anggota polisi.

“Polrestabes membangun tim per tim, tugasnya nanti dibagi-bagi di setiap Polsek. Tim ini akan dipimpin oleh satu orang katim yang menaungi 2 hingga 3 vaksinasi di Polsek, ” katanya.

Sedangkan, dalam rangka semangat Hari Sumpah Pemuda Sie Dokkes Polrestabes Palembang bersama Sat Lantas menggelar vaksinasi massal untuk masyarakat umum di Palembang Indah Mall (PIM) dengan menyiapkan 2.800 dosis vaksin jenis Sinovac dan Pfizer.

Ratusan masyarakat telah mendatangi PIM dan mengisi formulir untuk divaksin. Ada empat meja yang disiapkan sebagai meja penyuntikkan.

“Khusus hari ini kami menyiapkan 2.800 dosis vaksin, selain disini vaksinasi juga di buka pada sejumlah Polsek hari ini. Total target hari ini berkisar 3.000 dosis, ” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat yang belum divaksin segera mengikuti vaksinasi, karena syarat-syarat yang dibutuhkan sudah dipermudah.

“Masyarakat yang tidak punya Android dan kesulitan daftar online silakan datang ke Polrestabes dan tempat-tempat yang mengadakan vaksinasi. Bahkan masyarakat yang NIK nya bermasalah atau NIK nya belum jadi bisa ikut divaksin, ” pungkasnya. (hms)

Komentar