Ini Harapan Bupati PALI. H. Heri Amalindo. MM Saat Melantik 12 Kades Terpilih

PALI | Dialog Rakyat | Sebanyak 12 Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2021-2027 resmi dilantik oleh Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), H. Heri Amalindo. MM, di halaman kantor Camat Talang Ubi, Rabu (29/12/2021).

Usai melantik, Bupati H. Heri Amalindo. MM, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, khususnya 12 Desa yang telah menyelenggarakan pesta Demokrasi di Desa dengan aman, tertib dan lancar.

Menandakan bahwa masyarakat Kabupaten PALI sangat menghargai nilai-nilai demokrasi meski dalam lingkup kecil seperti di Desa.

“Tak lupa Bupati menyampaikan selamat bertugas kepada Kepala Desa yang baru dilantik, semoga diberi kekuatan lahir dan batin untuk mengabdikan hidup di Desa Saudara masing-masing,” ucapnya dalam sambutannya.

Bupati mengatakan, Desa merupakan ujung tombak pemerintahan dan merupakan garda terdepan bangsa ini dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dari luar, dan Kepala Desa sendiri adalah ujung tombak dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa dan pelayanan kemasyarakatan. Untuk itu perlu ada dukungan dari seluruh warga masyarakat desa.

“Kepala Desa dituntut untuk memiliki pengetahuan di bidang pemerintahan dan keuangan yang memadai, sehingga mampu mengakomodir kepentingan masyarakat karena itu pula peran dari Kepala Desa berada pada posisi yang paling strategis dalam otonomi daerah,” ujar Bupati.

Sebagai ujung tombak, kata Bupati, Kepala Desa harus diberikan penguatan-penguatan secara kelembagaan maupun peningkatan sumber daya manusia untuk mengurus Pemerintahan Desa, sehingga penyelenggaraan pemerintahan Desa akan berlangsung dengan baik, sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dengan dukungan aparatur pemerintahan desa yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang cukup.

“Oleh karena itu penguatan ini wajib dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten, melalui OPD terkait, sehingga tujuan berbangsa dan bernegara akan dapat diwujudkan,” jelas Bupati.

Bupati menambahkan, tugas cukup berat, yang di emban oleh Kepala Desa nantinya akan dibantu oleh segenap komponen masyarakat untuk menyelenggarakan otonomi Desa dalam usaha pencapaian kesejahteraan Masyarakat.

“Untuk itu, setelah pelantikan saudara sebagai Kepala Desa terpilih pada hari ini, saya mengajak segenap warga masyarakat desa, untuk membantu Kepala Desa terpilih, dalam melaksanakan tugasnya, Marilah bahu membahu dalam menggali potensi yang ada,untuk membangun desa tempat tinggal kita,” ajak Bupati.

Bupati juga berharap, agar lupakan perbedaan yang terjadi selama proses Pemilihan Kepala Desa, demi menyongsong masa depan yang gemilang.

“Kepada Saudara Kepala Desa Terpilih saya minta Untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga masyarakat tanpa pandang bulu dan tanpa diskriminasi, karena semua warga telah menjadi tanggung jawab saudara,” pesan Bupati. (Jon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *