LKS SMK Nasional, Siswa di Jabar Mengaku Dapatkan Ilmu Baru

SURABAYA | Dialog Rakyat | Usai menyabet medali emas di Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Nasional XXXI yang digelar pada 23-28 Oktober 2023 di Kota Surabaya, siswa Jawa Barat (Jabar) tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya.

Seperti yang dirasakan siswa SMKN 2 Subang, Handika Biantika yang meraih medali emas di mata lomba landscaping & gardening bersama Toher Azzaeni.

“Enggak nyangka. Seneng Kak, seneng banget Kak,” ucap Toher semringah saat ditemui usai pengalungan medali.

Handika dan Toher pun menjawab kompak bahwa ajang LKS ini memberikan banyak pengalaman berharga, ditambah bisa bertemu teman baru dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sosok Paling Berjasa

Cerita berbeda datang dari siswa SMKN 1 Subang, Andi Ahmad Yusuf yang meraih medali emas di bidang lomba web technology. Andi sempat berdialog dengan pemandu acara saat sesi pengalungan medali.

Saat ditanya sosok paling berjasa hingga ia bisa berdiri di atas panggung, awalnya Andi menjawab biasa saja. Namun, lambat laun air matanya tak bisa ditahan.

“Aku inget sama perjuangan pembimbing. Rasa terima kasih aja enggak cukup buat ngungkapin seberapa berjasanya beliau. Enggak cukup sekadar ucapan terima kasih,” ungkapnya sembari meneteskan air mata.

Ungkapan serupa dicurahkan M. Gaza Alfaruq, siswa SMK Karya Nasional yang meraih medali emas bidang lomba automobile technology.

Ia mengaku, prestasi tersebut tak lepas dari dukungan orang tua, pembimbing, dan pihak sekolah. “Rasanya seneng, tapi ada sedihnya juga. Saya baru pertama kali ini ngerasain juara. Semoga bisa menginspirasi karena Jabar Juara itu untuk semuanya,” ucap siswa SMK Karya Nasional ini.

Dapat Banyak Ilmu Baru

Pengalaman dan pelajaran tentu tak hanya didapatkan oleh para penerima medali, tetapi seluruh peserta LKS tahun ini. Tak terkecuali bagi Edji Primansah. Siswa SMKN 5 Bandung ini mengaku mendapatkan banyak ilmu baru di ajang tahunan ini.

“Saya banyak belajar dari hal yang belum saya ketahui. Asalnya saya enggak tahu (kenal) orang dari luar pulau, tapi sekarang udah kenal. Intinya, punya pengalaman baru lah,” tutur peserta bidang lomba bricklaying ini.***

Komentar