PT Pertamina EP Pendopo Field Berikan Edukasi Migas Kepada Peserta Didik SMAN 4

PALI | Dialog Rakyat | Kepedulian PT Pertamina EP  Pendopo Field terhadap dunia pendidikan yang berada di lingkungan kerja operasionalnya patut mendapat apresiasi, pasalnya belum lama ini perusahan tersebut berikan edukasi Migas kepada siswa/siswi SMA Negeri 4 Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI pada Kamis, (14/12 /2023)

Kegiatan tersebut dihadiri Pjs Senior Manager Pendopo Field Guntur Mulyanagara didampingi, Superintendent Pendopo HSSE Ops Mohammad Nur Samudin W, Junior ComRel Zona 4 Wawan Hendrawan, Junior Engineer Petroleum  Pendopo Field Hari Laksono serta Operator Trunkline Pendopo Field Meiwansyah. Selain diikuti 70 siswa-siswi kelas 12.

Dalam Sambutannya Pjs Senior Manager Pendopo Field Guntur Mulyanagara menjelaskan, edukasi migas yang diberikan kepada peserta didik merupakan salah satu bagian tanggung jawab perusahaan pada dunia pendidikan.

“Kegiatan edukasi migas ini kita lakukan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan  kepada siswa-siswi khususnya anak kelas 12  yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, selain itu kami berharap anak-anak dapat menjadi penyambung lidah ke masyarakat betapa pentingnya kita turut mendukung kegiatan Hulu Migas” tutur Guntur

Sementara itu di tempat yang sama,  Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Talang Ubi yang diwakili oleh Bidang Kurikulum Serlly  mengucapkan, terima kasih kepada PT Pertamina EP  Pendopo Field yang telah melaksanakan kegiatan tersebut.

“Sangat tepat sekali kegiatan ini dilaksanakan menginggat saat ini anak-anak baru selesai mengikuti ulangan semester, sehingga  class meeting dapat diisi dengan kegiatan edukasi migas untuk menambah wawasan bagi anak-anak.” Ujar Serlly

Dikatakannya pemaparan materi kegiatan Hulu Migas yang disampaikan oleh pemateri,  diawali dengan overview perusahaan oleh Junior ComRel Zona 4 Wawan Hendrawan. Pada kesempatan tersebut wawan menyampaikan cakupan wilayah kerja PT Pertamina EP Pendopo Field yang meliputi empat  Kabupaten.

Diantaranya Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir terdapat dua lokasi yaitu Lokasi Talang Akar dan Lokasi Benakat, Kabupaten Musi Banyuasin terdapat Lokasi Jirak, Kabupaten Muara Enim terdapat Lokasi Betung dan Kabupaten Musi Rawas terdapat lokasi Musi dan Lokasi Sopa.

Selama empat puluh menit kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi pengeboran oleh Junior Engineer Petroleum  Pendopo Field Hari Laksono. Keberadaan pemboran sumur TAP-LTF-04 yang saat ini sedang beroperasional yang memang secara lokasi tidak jauh dari sekolah SMA N 4 Talang Ubi, sehingga anak-anak dapat merasakan dan melihat secara langsung kegiatan pengeboran.

Tidak hanya memaparkan kegiatan pengeboran pada kesempatan tersebut juga di paparkan kegiatan operasional  Produksi PT Pertamina EP Pendopo Field oleh Operator Trunkline Pendopo Field Meiwansyah.

Pentingnya memberikan wawasan kegiatan operasional  Produksi ke siswa-siswi karena ketiga kegiatan pengeboran telah berhasil maka perlu adanya kegiatan produksi untuk mengatur arus perjalanan minyak yang dihasilkan dari sumur hingga ke pengilangan untuk diproduksi menjadi berbagai macam bahan bakar.

Edukasi migas sangat penting dilaksanakan guna memberikan informasi yang berkualitas sehingga diharapkan dapat mendukung aktivitas  operasional dengan lancar sehingga target  produksi  dapat tercapai yang pada akhirnya ketersediaan energi nasional  dapat terpenuhi. (Jon)

Komentar